................................... ...................................
Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Thursday, January 30, 2014

Do'a Niat Zakat Fitrah Serta Do'a Penerima Zakat

NIAT ZAKAT FITRAH UNTUK DIRI SENDIRI

 نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِي فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN NAFSII FARDHON LILLAAHI TA’AALA Artinya : Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardhu karena Allah Ta’ala


NIAT ZAKAT FITRAH UNTUK DIRI SENDIRI DAN ANAK ISTRI

 نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِي وَعَمَّنْ تَلْزَمُنِى نَفَقَتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN NAFSII WA ‘AMMAN TALZAMUNI NAFAQOTUHUM SYAR'AN FARDHON LILLAAHI TA’AALA
Artinya : Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan orang-orang yang wajib padaku menafkahi mereka menurut syara', fardhu karena Allah Ta’ala


DOA MENERIMA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH

 آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

AAJAROKALLOOHU FIIMAA A’THOYTA WA BAAROKA FIIMAA ABQOYTA WA JA’ALAHU LAKA THOHUURON Artinya : Semoga Allah memberikan ganjaran pahala terhadap apa yang telah engkau berikan dan semoga Allah memberikan keberkahan terhadap harta yang engkau sisakan dan semoga Allah menjadikannya sebagai pensuci bagi engkau


Tags: doa zakat fitrah doa zakat fitrah untuk keluarga doa zakat fitrah arab niat zakat fitrah bacaan doa zakat fitrah doa membayar zakat fitrah doa menerima zakat fitrah doa zakat fitrah untuk anak, Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah: Membayar dan Menerima, Niat Bacaan Zakat Fitrah, Bacaan Niat Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan, Bacaan Niat Serta Do'a Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah, Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Idul Fitri Lengkap dengan artinya, Lafadz Niat Zakat Fitrah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan arti, Bacaan Do'a Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah, Lafal Serta Niat Zakat Fitrah (Arab dan Terjemahan), niat mengeluarkan zakat fitrah dan doa menerima zakat fitrah, 2015
Wednesday, January 29, 2014

Kumpulan Backlink Berkualitas Di Search Engine

Get Free backlink high quality
Backlink search engine

Salam blogger. Kumpulan Backlink Berkualitas Di Search Engine - Semua blogger pasti sudah pada mengetahui tentang search engine kan. Mesin pencari atau biasa disebut search engine merupakan alat yang digunakan untuk mencari suatu data atau berkas dengan bantuan komputerisasi. biasanya berkas atau data yang dicari itu seperti halaman situs website, gambar, video ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Disini saya akan membahas mengenai cara mencari backlink dari semua situs ternama yang mempunyai rank yang tinggi. salah satunya melalui Search engine.

Tag: cari backlink berkualitas, macam-macam backlink berkualitas, cara agar blog menjadi berkualitas, cara meningkatkan pengunjung dengan ampuh menggunakan backlink no 1, Cara Membangun dan Membuat Backlinks Berkualitas, Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk SEO Blog, Cara Terbaik Mencari Backlink Berkualitas, Apa kegunaan dari backlink berkualitas, Daftar Backlinks Berkualitas - Blogger Proo Indonesia, Ciri-Ciri Backlink Berkualitas, cara mendapatkan backlink berkualitas, cara cepat mendapatkan backlink, kumpulan backlink berkualitas, daftar backlink berkualitas, backlink berkualitas 2014-2015, backlink berkualitas tinggi, mencari backlink berkualitas, 5 Ciri Backlink Berkualitas, List Backlink Berkualitas PR-7 sampai PR-10, Cara Rahasia Mudah Mendapatkan Backlink Gratis, How to Get High Quality Backlinks free, Backlinks: 17 Powerful (Yet Untapped) Sources, What Makes A Backlink A High Quality Backlink? | SEOmark, How to Naturally Get High Quality Backlinks, How to Get Quality Backlinks: 5 Steps (with Pictures), 3 Ways to Build Quality Backlinks Without Guest Posting, backlink quality checker, check backlink quality, how to get backlink from twitter, how to get backlink from alexa, how to get a backlink from wikipedia how to get quality backlinks, how to get quality backlinks for free

Menurut pandapat wikipedia "id.wikipedia.org/wiki/PageRank" menjelaskan, lebih banyak backlink atau inbound di situs ternama, Maka akan berpengaruh di mesin pencarian. biasanya para blogger mendapatkan trafik unik  melalui jejaring sosial dan media lainnya seperti:

1. Jejaring Sosial: facebook (PR 9), twitter (PR 10), plus.google (PR 9), kaskus (PR 5), dan lain-lain
2. Direktori.
3. Submit Backlink: Seperti: backlinkgenerator.net
4. Search Engine.
5. Other  Source.
*PR = Page Rank
Macam-Macam Search Engine
No
Search Engine
Pagerank
Alexa
Searching/Link URL
Daftar
1
Google
9
1
Daftar
2
Yahoo
9
4
Daftar
3
Bing
8
23
Daftar
4
Aol
8
108
Daftar
5
Mamma
7
41488
Daftar
6
Lycos
7
4430
7
Ask
8
34

8
Webcrawler
n/a
421
9
Excite
8
6836
10
GigaBlast
3
12.044
11
Dogpile
7
2222
12
Blekko
7
3640
13
Mywebsearch
5
277
Mywebsearch.com
14
Ixquick
7
6032
Ixquick.com
15
Baidu
9
5
Baidu.com
16
Yandex
7
1661
Yandex.com
17
LookSmart
7
38398
Looksmart.com
18
Zuula
5
161246
Zuula.com
19
Naver
8
179
Naver.com
20
Pipl
6
4224
Pipl.com
21
Websearch
4
415108
Websearch.com
22
Startpage
7
2521
Startpage.com
23
Duckduckgo
7
690
Duckduckgo.com
24
Web.archive
7
174
Web.archive.org
25
Webopedia
8
4318
Webopedia.com
26
Clusty
7
79507
Clusty.com
27
Info
6
2379
Info.com
28
Exalead
6
23005
Exalead.com
29
Hotbot
8
54240
Hotbot.com
30
Joeant
5
22871
Joeant.com
31
Blippex
5
410474
Blippex.org
32
Wolframalpha
8
3166
Wolframalpha.com
33
Mysearch
3
807.002
Mysearch.com
34
Fybersearch
4
7034
Fybersearch.com
35
Yippy
6
65055
Yippy.com

Silahkan cek situs anda pada search engine diatas, Apakah sudah terdaftar atau belum, caranya: 
1. Copy link alamat blog ke search engine diatas. CTRL + C
2. Lalu Paste kan ke kotak pencarian diatas CTRL + V
Kalau blog anda belum ada di dalam mesin pencarian, silahkan anda daftar di situs dibawah ini:
Cari backlink dari search engine bisa dengan cara manual. salah satunya dengan memasukan alamat blog kita di mesin pencarian. Jika terdaftar, Lalu klik link tersebut yang menuju ke blog kita. nanti blog kita akan secara otomatis mendapatkan backlink dari search engine tersebut, Semakin banyak backlink unik, semakin bagus di mata mr google. berikut ini trafik source blog saya:
Trafik Backlink Search Engine
Traffic Source Blog Fantsticblur.net

Dari 35 search engine diatas, Sudah berapa persen kah blog anda terdaftar...? Silahkan anda buka di "show Search engine" untuk mendaftarkannya
Friday, January 24, 2014

Perbedaan Antara Arsitek dan Blogger

Salam blogger. Menjadi seorang arsitek Tidak harus sekolah tinggi, namun seseorang tersebut harus bisa menguasai semua tentang ilmu arsitek, Saya kaget baca berita katanya di tahun 2015 ada insinyur import.  karena kebanyakan calon mahasiswa zaman sekarang lebih mengambil jurusan komputer, Ekonomi, dan akutansi. Kalau jurusan yang lainnya Mungkin peminatnya sedikit kali ya. Dalam postingan ini saya tidak membahas tentang arsitek dan insinyur melainkan hanya menyinggung saja.

Berikut ini Perbedaan antara arsitek dan blogger:
Arsitek Blogger
  1. Pandai Merancang, Menggambar serta mendisain sebuah bangunan
  2. Mampu membuat struktural yang baik
  3. Selalu update terhadap teknologi mengenai ilmu struktur, dan ilmu pemrograman dan mampu menjalankan software seperti archicad, 3dmax dan software yang lain nya.
  4. Kemampuan manajerial
  5. Pandai berkomunikasi
  6. Selalu Berimajinasi Positif, Terutama terhadap kerangka bangunan
  7. Harus Pandai dalam *(Menghitung)
  1. Mempunyai Kreativitas dan ide inovatif
  2. Pandai Menulis serta Sangat Menguasai isi Postingan
  3. Kemampuan memanajemen waktu posting yang baik
  4. Pandai berkomunikasi terhadap pembaca
  5. Pandai mengoptimasi blog ke mesin pencarian 
  6. Selalu berbagi informasi mengenai pengalaman atau kejadian yang pernah di alami.
  7. Pandai mengotak-atik template

Tanpa disadari, ternyata dalam hal ngeblog pun kita seperi seorang arsitek Loh. Mau tau kenapa ?
Karena Kebanyakan orang menilai blogku adalah rumah ku, Berarti Kepribadianmu ada di dalam blog.

Cara melihat blog kita sebagai tampak sebuah bangunan.
1. Buka blog kita dengan menggunakan Mozila Firefox
2. Klik kanan pada blog kita => lalu pilih inspeksi element
3. Pilih Tampilah 3D di pengaturannya.

Berikut ini Template blog saya apabila diliat menjadi sebuah bangunan. *(Arsitek karbitan)

Membangun Blog Sama Seperti Membangun Istana
Tampak samping kiri
Membangun Blog Sama Seperti Membangun Istana
Tampak samping Kanan
Membangun Blog Sama Seperti Membangun Istana
Tampak 3 Dimensi
1. Semakin bagus menata Template blog, semikin indah pula bangunan istananya.
2. Semakin Tinggi bangunannya *(tampak samping),  maka semakin berat pula widget blognya
3. Semakin Simpel tampak bangunannya, berarti semakin bagus tingkat SEO nya, Tidak seperti blog saya, kebanyakan widgetnya ya...

Blog saya seperti tampak bangunan yang besar kan, Jadi intinya Tidak harus menjadi seorang arsitek atau insinyur untuk membuat sebuah kerangka bangunan. melainkan seorang blogger yang baik selain memperhatikan isi postingannya, Tampilan blognya pun juga harus di perhatikan. Kalau menurut pendapat sobat blogger bagaimana ? semoga bisa menjadi inspirasi buat anda...
.::Terimakasih::.
Tuesday, January 21, 2014

Psikologi dalam Kewiraswastaan

Tinjauan Teori Psikologi Kewiraswastaan

1. Psikologi dalam Kewiraswastaan 

Psikologi memiliki definisi yang telah disepakati oleh pakar ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yaitu the scientific study of behavior yang artinya studi ilmiah tentang prilaku. Dari arti tersebut dapat memahami sisi unik kepribadian dan kejiwaan dari diri seseorang. Tinjauan kewiraswastaan dari perspektif Psikologi lebih terfokus pada pertanyaan mengapa secara individual ada orang dapat yang memanfaatkan peluang? Mengapa yang lain tidak? Mengapa ada pengusaha yang sukses? Mengapa ada yang tidak sukses? Melihat sebuah peluang menjadi awal suatu ide untuk menancapkan sebuah roda usaha. Namun, hal tersebut perlu ditindaklanjuti dengan upaya eksploitasi peluang sehingga menciptakan keuntungan yang menjanjikan. Dalam hal ini, tidak semua orang mampu melihat peluang usaha. Terdapat beberapa karakteristik kepribadian seseorang yang akan mempengaruhi dirinya dalam cara mengorganisasikan peluang wirausaha. Kepribadian yang berbeda akan menunjukkan perbedaan cara dalam menghadapi tantangan meski berada dalam situasi yang sama.

Wiraswasta adalah orang yang berani bersikap, berfikir dan bertindak menurut kemampuan dan keberanian untuk menciptakan pekerjaan sendiri, mencari nafkah dan berkarir dengan sikap mandiri. Seseorang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan, disertai modal dan resiko, serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi atas usahanya tersebut.

2. Ciri-ciri Psikologi Seorang Wiraswasta 
Menurut Imam S. Sukardi (1984) berpendapat bahwa seorang wiraswasta adalah :
a. Seorang yang supel dan fleksibel dalam bergaul, mampu menerima kritik dan mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan orang lain.
b. Seseorang yang mampu dan dapat memanfaatkan kesempatan usaha yang ada.
c. Seseorang yang berani mengambil risiko yang telah diperhitungkan atas hal-hal yang akan dikerjakan serta menyenangi tugas-tugas yang efektif dengan orang lain.
d. Seseorang yang memiliki pandangan yang ke depan, cerdik, lihai, dapat menanggapi situasi yang berubah-ubah serta tahan terhadap situasi yang tidak menentu (istilah sekarang tahan bantingan).
e. Seseorang yang dengan oto-aktivitasnya mampu menemukan sesuatu yang orisinil dari pemikiran sendiri dan mampu menciptakan hal-hal baru serta kreatif.
f. Seseorang yang mempercayai kemampuan sendiri, kemampuan untuk bekerja mandiri, optimis dan dinamis serta memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin.
g. Seseorang yang mampu dan menguasai berbagai pengetahuan maupun ketrampilan dalam menyusun, menjalankan dan mencapai tujuan organisasi usaha, manajemen umum dan berbagai bidang pengetahuan lain yang menyangkut dunia usaha.
h. Seseorang yang memiliki motivasi yang kuat untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik, mengutamakan prestasi, selalu memperhitungkan faktor penghambat maupun penunjang, tekun, kerja keras, teguh dalam pendirian dan berdisiplin tinggi.
i. Seseorang yang memperhatikan lingkungan sosial untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik bagi semua orang.

3. Bagaimana Kewiraswastaan di Indonesia 
Wiraswastawan cenderung memiliki beberapa ciri tingkah laku yang menonjol, antara lain :
1) Bertanggung jawab secara pribadi atas segala tindakannya.
2) Berusaha mengerjakan tugas dengan cara-cara baru yang kreatif.
3) Mengharapkan adanya umpan balik dari tugas yang dikerjakan.
4) Mempunyai taraf aspirasi yang realistis untuk pencapaian tujuan dimasa depan.
5) Dalam dirinya selalu ada keraguan untuk meraih prestasi yang lebih baik dan untuk itu mau bekerja keras.
6) Selalu memperhitungkan risiko dari tugas yang dikerjakan sehingga cenderung menetapkan tujuan yang sedang-sedang risikonya.

Mengenai sikap mental wiraswastawan dijelaskan oleh Mattulada (1985) yang cukup dianggap mewakili kondisi masyarakat Indonesia, yaitu :
a. Tanggapan terhadap waktu.
b. Tanggapan terhadap hakikat hidup.
c. Tanggapan terhadap hubungan dengan sesama manusia.
d. Tanggapan terhadap kerja.
e. Tanggapan terhadap alam.

Dalam hal ini Mochtar Lubis berpendapat bahwa manusia Indonesia memiliki ciri-ciri berikut : munafik (hipokrit), segan dan enggan bertanggung jawab, berjiwa feodal, percaya tahayul, artistik, punya watak yang lemah, tidak hemat, dan tidak bekerja keras.

Faktor sikap mental manusia itu sendiri sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan wiraswastawan dan lebih jauh lagi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Banyak ahli berpendapat bahwa sikap mental tersebut harus segera diubah, atau paling tidak disesuaikan dengan tuntutan situasi yang semakin maju dan berkembang. Adapun sikap mental yang harus dikembangkan mengarah kepada :
(1) efisiensi
(2) kerajinan
(3) ketertiban
(4) ketelitian
(5) kesederhanaan
(6) kejujuran
(7) kemampuan mengambil keputusan secara rasional
(8) siap dan peka terhadap perubahan
(9) mampu melihat peluang
(10) mempunyai semangat kerja
(11) ketulusan dan percaya diri
(12) mampu bekerja sama, dan
(13) berpandangan jauh ke depan.

Masalah Pengembangan Kewiraswastaan

Pandangan psikologik berarti menitikberatkan pada segi aktivitas manusianya. William James seorang psikologi Amerika memperkirakan bahwa orang biasa baru menggunakan lebih kurang 10% dari kemampuan-kemampuannya. Margareth Mead berpendapat sekitar 6%, sedangkan Herbert Otto punya perkiraan yang lebih rendah, yaitu sekitar 4%.

Proses Perkembangan Wiraswasta

Menurut hasil penelitian para ahli ilmu sosial ditemukan adanya ciri-ciri/karakteristik untuk seorang wiraswasta sebagai berikut :
1) Mempunyai rasa percaya dan harga diri yang kuat.
2) Ingin menciptakan sesuatu yang orisinil.
3) Lebih berorientasi pada terlaksananya tugas/produktif.
4) Orientasi pada masa depan.
5) Berani mengambil risiko.
6) Berorientasi pada hubungan manusia.

Profil Wiraswasta yang Berhasil Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli-ahli ilmu-ilmu sosial keberhasilan seorang wiraswasta apabila ditinjau dari karakteristik psikologiknya, mereka itu mempunyai profil karakteristik psikologik tertentu yaitu : (Imam Santoso Sukardi, 1979) :

1) Self confidence, merupakan kepercayaan terhadap kemampuan dia sendiri untuk bekerja sendiri, bersikap optimis dan dinamik, memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin.
2) Originality, merupakan kemampuan untuk menciptakan hal-hal yang baru.
3) People Oriented, salah satu ciri dari pengusaha yang berhasil dalam tindakannya selalu mempergunakan orang lain sebagai feed-back terhadap apa yang sudah dikerjakan, baik langsung maupun tidak langsung.
4) Task-result oriented, merupakan tingkah laku yang tertuju untuk menjelaskan tugas.
5) Future-oriented, merupakan kesediaan untuk kemampuan berpandangan jauh ke depan, mengenai hal-hal yang akan terjadi, yang mempengaruhi perlakuan dalam usahanya.
6) Risk-taking, merupakan kemampuan untuk mengambil risiko atas hal-hal yang dikerjakannya, bila gagal tidak mencari “kambing hitam”.


Karuniadi (1978) memberikan gambaran mengenai ciri-ciri tingkah laku pengusaha yang berhasil, sebagai berikut :
a. Terbuka terhadap saran-saran dari orang lain terhadap apa yang telah dilakukannya.
b. Mempunyai fikiran yang dipusatkan kepada satu hal pada satu waktu.
c. Adanya kegairahan maupun semangat yang menyala-nyala terhadap apa yang dibuat.
d. Dapat menganalisis sesuatu masalah secara sistematik.
e. Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat dan haus akan ilmu pengetahuan.
f. Mempunyai inisiatif yang menonjol atau berani mengambil langkah-langkah baru yang lain dari kebiasaan (tradisi).

Menurut Mc Ber & Company (1974), pola tingkah laku dalam menetapkan tujuan prestasi ada lima faktor, yaitu :
a. Realistic, artinya seseorang pengejar prestasi didalam menetapkan tujuan harus cukup realistik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
b. Challenging, artinya tujuan itu sendiri harus mempunyai tantangan.
c. Time-phased, artinya adanya batasan waktu yang ditetapkan oleh individu guna mengakhiri dan menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan pencapaian tujuan.
d. Specific, artinya kejelasan dari tujuan yang ingin dicapainya dapat diformulasikan secara konkret.
e. Measurable, artinya tujuan itu harus dapat diketahui dan diukur akhirnya.

Perilaku kewiraswastaan disimpulkan sebagai berikut :
1) Dorongan untuk berprestasi berpengaruh terhadap perkembangan atau hasil usaha seseorang.
2) Individu yang mempunyai kebutuhan berprestasi yagn tinggi cenderung memiliki profesi bisnis atau usaha.
3) Individu yang mempunyai kebutuhan berprestasi tinggi cenderung menetapkan tingkat aspirasi secara realistik.
4) Individu yang mempunyai kebutuhan untuk berprestasi yang tinggi, selalu memiliki tugas atau pekerja yang mempunyai risiko yang sedang, dan selalu mementingkan hasil akhir yang baik, sesuai dengan standar yang ditetapkan sendiri.
5) Kebutuhan berprestasi dari para pengusaha dari berbagai latar belakang kebudayaan pada prinsipnya dapat lebih dikembangkan.
6) Keberhasilan para pengusaha di negara-negara sedang berkembang disebabkan salah satu faktornya yaitu mempunyai kebutuhan berprestasi yang tinggi.
7) Dengan kebutuhan berprestasi yang tinggi memungkinkan seorang pengusaha mempunyai inisiatif yang tinggi, mau mengeksplorasi, dan secara kontinu mengadakan penelitian terhadap lingkungan guna menemukan cara-cara yang baru untuk dapat memecahkan masalahnya secara memuaskan.
Monday, January 20, 2014

Latihan Soal Teori Probabilitas

Silahkan disimak dengan baik mengenai soal probabilitas. Selamat belajar

1. Apa yang dimaksud dengan statistika deskriptif?

2. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat tabel distribusi frekuensi!

3. Apa yang dimaksud dengan:
a. Tepi kelas ?
b. Batas kelas bawah ?

4. Apa yang dimaksud dengan sebaran frekuensi?

5. Apa yang dimaksud dengan populasi dan sampel menurut Sudjana (2005), serta berikan masing-masing contohnya?

6. Apa yang dimaksud dengan sebaran frekuensi, serta jelaskan pembagian dari sebaran frekuensi?

7. Apa pengertian dan kegunaan dari kurva poligon?

8. Apa definisi dari:
a. Titik tengah?
b. Kelas interval?
c. Frekuensi?

9. Apa yang dimaksud dengan statistika dan statistik menurut Sudjana (2005)?

10. Terbagi menjadi berapa jeniskah distribusi frekuensi berdasarkan jenis datanya?sebutkan dan jelaskan!

11. Apa definisi dari:
- Panjang kelas?
- Batas kelas atas?

12. Sebutkan langkah-langkah membuat tabel distribusi frekuensi?

13. Apa yang anda ketahui tentang distribusi frekuensi?

14. Tuliskan langkah-langkah membuat sebaran frekuensi untuk segugus data yang besar?

15. Apa yang anda ketahui tentang poligon frekuensi?

16. Tuliskan rumus-rumus beserta keterangannya masing-masing dari:
- Tepi bawah kelas?
- Tepi atas kelas?
- Titik tengah kelas?

17. Apa yang dimaksud dengan statistika deskriptif dan statistika inferensia menurut Walpole?

18. Apa pengertian distribusi frekuensi relatif? Tuliskan rumus beserta keterangannya!

19. Apa yang anda ketahui tentang kurva ogive?

20. Dalam kasus distribusi frekuensi, diketahui nilai terkecil dari suatu sebaran frekuensi adalah sebesar 65 dan nila terbesar adalah 100 dengan banyaknya data adalah sebesar 50. Tentukan jangkauan, banyaknya kelas, dan panjang kelas interval dari kasus tersebut!

21. Apa yang dimaksud dengan data menurut Bambang (1994)? Sebutkan dan jelaskan macam-macam data berdasarkan bentuknya!

22. Apa yang dimaksud dengan distribusi frekuensi kumulatif kurang dari dan distribusi frekuensi kumulatif lebih dari?

23. Apa perbedaan antara histogram dengan poligon?

24. Tuliskan rumus-rumus beserta keterangannya masing-masing dari:
a. Banyak kelas (k)?
b. Panjang interval kelas (I)?

25. Apa yang dimaksud dengan statistik menurut J. Supranto?

26. Apa yang dimaksud dengan distribusi frekuensi kumulatif? Sebutkan dan jelaskan pembagian distribusi frekuensi kumulatif!

27. Sebutkan langkah-langkah membuat tabel distribusi frekuensi?

28. Dalam kasus distribusi frekuensi, diketahui jangkauan dari data sebesar 54 dengan banyaknya data adalah sebesar 80. Tentukan banyaknya kelas dan panjang kelas interval dari kasus tersebut!

29. Apa yang dimaksud dengan distribusi frekuensi?

30. Terbagi menjadi berapa macam distribusi frekuensi? Sebutkan dan jelaskan!

31. Sebutkan macam-macam bentuk penyajian grafik pada distribusi frekuensi!

32. Apa yang dimaksud dengan distribusi frekuensi relatif dan tuliskan pula rumusnya?

33. Apa yang anda ketahui tentang sebaran frekuensi?

34. Apa yang dimaksud dengan histogram?

35. Sebutkan langkah-langkah membuat distribusi frekuensi bagi segugus data yang besar!

37. Berikan penjelasan mengenai:
a. Tepi kelas?
b. Kelas interval?
c. Batas kelas atas?
d. Titik tengah?
 
Jawaban dapat anda lihat di postingan sebelumnya...
Cari di Google dengan Kata Kunci: Jawaban Soal Probabilitas www.fantasticblue.net

Jawaban Soal Distribusi Frekuensi Part 2

Berikut Ini lanjutan dari Jawaban Soal untuk latihan belajar mengenai Distribusi frekuensi Part 1 

11. Pengertiannya adalah:
- Panjang kelas adalah tiap-tiap kelompok nilai variabel yang merupakan selisih antara tepi atas dengan tepi bawah.
- Batas kelas atas adalah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas lainnya, yang terdapat di deretan sebelah kanan setiap kelas.

12.  Distribusi frekuensi adalah suatu ringkasan dalam bentuk tabel dari suatu kelompok data yang menunjukkan frekuensi item-item (kategori-kategori) dalam beberapa kelas.

13. Langkah-langkah membuat sebaran frekuensi:
a. Tentukan banyaknya selang kelas yang diperlukan
b. Tentukan wilayah data tersebut
c. Bagilah wilayah tersebut dengan banyaknya kelas untuk menduga lebar selangnya
d. Tentukan limit bawah kelas bagi selang yang pertama dan kemudian batas bawah kelasnya. Tambahkan lebar kelas pada batas bawah kelas untuk mendapatkan batas atas kelasnya.
e. Daftarkan semua limit kelas dan batas kelas dengan cara menambahkan lebar kelas pada limit dan batas selang sebelumnya.
f. Tentukan titik tengah kelas bagi masing-masing selang denganmerata-ratakan limit kelas atau batas kelasnya.
g. Tentukan frekuensi bagi masing-masing kelas.
h. Jumlahkan kolom frekuensi dan periksa apakah hasilnya sama dengan banyaknya total pengamatan.

14. Poligon frekuensi adalah gambar garis yang menghubungkan tengah-tengah tiap sisi atas yang berdekatan dengan tengah-tengah jarak frekuensi absolut masing-masing.

15. Rumus-rmus beserta keterangan dari :
a. Tepi bawah kelas = batas bawah kelas – 0,5
Batas bawah kelas terdapat di deretan sebelah kiri setiap kelas.
b. Tepi atas kelas = batas atas kelas + 0,5
Batas atas kelas terdapat di deretan sebelah kanan setiap kelas.
c. Titik tengah kelas = ½ x (batas atas kelas + batas bawah kelas)

16. Statistika deskriptif menurut Walpole adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Statistika inferensia menurut Walpole adalah mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan gugus data induknya.

17. Distribusi frekuensi relatif adalah distribusi frekuensi yang berisikan nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan yang terkandung dalam kumpulan data yang berdistribusi tertentu. Berikut ini adalah rumus distribusi frekuensi relatif:
Frekuensi relatif = (fi / ∑f) x 100%
Keterangan:
fi = frekuensi kelas tertentu
∑f = jumlah keseluruhan frekuensi

18. Kurva ogive adalah grafik berbentuk garis yang menggambarkan frekuensi kumulatif, dibuat dengan memplotkan frekuensi kumulatif yang lebih kecil daripada bagian atas kelas dan kemudian menghubungkan semua titik yang berurutan dengan garis lurus.

19.  Menurut Bambang (1994), data merupakan kumpulan fakta atau angka atau segala sesuatu yang dapat dipercaya kebenarannya sehingga dapat digunakan sebagai dasar menarik suatu kesimpulan.
Berikut ini adalah macam-macam data berdasarkan bentuknya:
- Data kuantitatif adalah suatu karakteristik dari suatu variabel yang nilai-nilainya dinyatakan dalam bentuk numerikal.
- Data kualitatif adalah suatu karakteristik dari suatu variabel yang nilai-nilainya dinyatakan dalam bentuk non-numerikal atau atribut-atribut (dapat juga dikatakan kategori).

20.  Perbedaan antara histogram dan poligon:
- Grafik histogram lazimnya dibuat dengan menggunakan batas nyata, sedangkan grafik poligon selalu menggunakan titik tengah.
- Grafik histogram berwujud segiempat-segiempat, sedangkan grafik poligon berwujud garis-garis atau kurve (garis-garis yang sudah dilicinkan).

21. Rumus-rumus beserta keterangannya:
- Banyak kelas (k) = 1 + 3,322 log n k dan n menyatakan banyaknya kelas dan banyaknya data. - Panjang interval kelas (I) = jangakauan ruang (R) / banyaknya kelas (k) Jangkauan ruang atau rentang kelas diperoleh dari selisih antara nilai terbesar dengan nilai terkecil.

22.  J. Supranto memberikan pengertian statistik dalam dua arti, yaitu:
a. Dalam arti sempit
Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk angka (kuantitatif).
b. Dalam arti luas
Statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, dan analisis data, serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang menyeluruh.

23. Distribusi frekuensi kumulatif adalah sebaran frekuensi yang nilai frekuensi dari setiap kelasnya diperoleh dengan cara menjumlahkan atau mengurangi frekuensi kelas di atasnya atau bawahnya dengan jumlah frekuensi kelas yang bersangkutan. Distribusi frekuensi kumulatif terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Distribusi frekuensi kumulatif kurang dari adalah distribusi frekuensi yang memuat jumlah frekuensi dan memiliki nilai kurang dari nilai batas kelas suatu interval tertentu.
b. Distribusi frekuensi kumulatif lebih dari adalah distribusi frekuensi yang memuat jumlah frekuensi dan memiliki nilai lebih dari nilai batas kelas suatu interval tertentu.

26. Distribusi frekuensi terbagi menjadi empat macam, yaitu:
a. Distribusi frekuensi tunggal adalah distribusi frekuensi yang tidak menggunakan penggolongan-penggolongan nilai variabel dalam penyusunan tabelnya.
b. Distribusi frekuensi berkelompok adalah distribusi frekuensi yang menggunakan pengelompokkan nilai variabel dalam penyusunan tabelnya.
c. Distribusi frekuensi relatif adalah distribusi frekuensi yang berisi nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan yang terkandung dalam kumpulan data yang berdistribusi tertentu.
d. Distribusi frekuensi kumulatif adalah distribusi frekuensi yang nilai frekuensi dari setiap kelasnya diperoleh dengan cara menjumlahkan atau mengurangi frekuensi kelas di atasnya atau bawahnya dengan jumlah frekuensi kelas yang bersangkutan.

27. Bentuk penyajian grafik pada distribusi frekuensi:
a. Histogram
b. Poligon
c. Ogive

28. Histogram adalah bentuk penyajian daftar distribusi frekuensi dengan menggunakan batang-batang atau persegi-persegi panjang yang lebarnya sama. Histogram hampir sama dengan diagram batang, tetapi antara batang yang satu dengan batang yang lain tidak terdapat jarak.

29. Pengertian dari:
a. Tepi kelas disebut juga batas nyata kelas, yaitu batas kelas yang tidak memiliki lubang untuk angka tertentu antara kelas yang satu dengan kelas lainnya.
b. Kelas interval (lebar kelas) adalah selisih antara batas atas kelas dengan batas bawah kelas dibagi kelas yang bersangkutan.
c. Batas kelas atas adalah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas lainnya, yang terdapat di deretan sebelah kanan setiap kelas.
d. Titik tengah adalah nilai yang mewakili suatu kelas interval, merupakan rata-rata hitung dari kedua tepi / ujung pada suatu kelas interval.

Ingat !!! Postingan ini bukan untuk di Plagiat... Tapi hanya untuk belajar.

Jawaban Soal Distribusi Frekuensi Part 1

Berikut Ini Jawaban Soal untuk latihan belajar mengenai Distribusi frekuensi Part 1

1. Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna.

2. Langkah-langkah membuat tabel distribusi frekuensi:
a. Mengurutkan data dari yang terkecil ke yang terbesar
b. Menentukan jangkauan (range) dari data
c. Menentukan banyaknya kelas (k)
d. Menentukan panjang interval kelas
e. Menentukan batas bawah kelas pertama
f. Menuliskan frekuensi kelas secaran melidi dalam kolom turus / tally sesuai banyaknya data

3. Definisi dari:
a. Tepi kelas disebut juga batas nyata kelas, yaitu batas kelas yang tidak memiliki lubang untuk angka tertentu antara kelas yang satu dengan kelas lainnya.
b. Batas kelas bawah adalah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lainnya, yang terdapat dideretan sebelah kiri setiap kelas.

4. Sebaran frekuensi adalah suatu ringkasan dalam bentuk tabel dari suatu kelompok data yang menunjukkan frekuensi item-item (kategori-kategori) dalam beberapa kelas

5 Definisi populasi dan sampel beserta contoh:
Populasi adalah totalitas ukuran semua nilai yang mungkin, hasil menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kulitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya, contoh : mahasiswa Universitas Gunadarma Sampel adalah bagian yang diambil dari suatu populasi, contoh: Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Gunadarma.

6. Sebaran frekuensi adalah suatu ringkasan dalam bentuk tabel dari suatu kelompok data yang menunjukkan frekuensi item-item (kategori-kategori) dalam beberapa kelas.
Pembagian sebaran frekuensi:
- Sebaran frekuensi tunggal menunjukkan tidak adanya pengelompokkan nilai-nilai variabel
- Sebaran frekuensi bergolong / kelompok yaitu menggunakan pengelompokkan dalam kolom nilai.
- Sebaran frekuensi relatif berisi nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan yang terkandung dalam kumpulan data yang berdistribusi tertentu.
- Sebaran frekuensi kumulatif adalah sebaran frekuensi yang nilai frekuensi dari setiap kelasnya diperoleh dengan cara menjumlahkan / mengurangi frekuensi kelas di atasnya / bawahnya dengan jumlah frekuensi kelas yang bersangkutan Poligon frekuensi adalah gambar garis yang menghubungkan tengah-tengah tiap sisi atas yang berdekatan dengan tengah-tengah jarak frekuensi absolut masing-masing.

7. Poligon digunakan untuk memudahkan dalam membandingkan keadaan dua distribusi dalam satu grafik.

8. Defnisi dari:
- Titik tengah adalah nilai yang mewakili suatu kelas interval, merupakan rata-rata hitung dari kedua tepi / ujung pada suatu kelas interval.
- Kelas interval (lebar kelas) adalah selisih antara batas atas kelas dengan batas bawah kelas dibagi kelas yang bersangkutan.
- Frekuensi adalah jumlah data yang terdapat dalam kelas interval.

9. Statistika menurut Sudjana (2005) adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan. Statistik menurut Sudjana (2005) adalah hal yang menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang melukisakan atau menggambarkan suatu persoalan.

10. Terbagi menjadi 2, yaitu distribusi frekuensi bilangan dan distribusi frekuensi kategoris.
- Distribusi frekuensi bilangan adalah distribusi frekuensi yang berisikan data berupa angka-angka.
- Distribusi frekuensi kategoris adalah distribusi frekuensi yang berisikan data bukan angka, dimana data itu dibagi atas golongan-golongan yang dinamakan kelas, berdasarkan sifat lain.

Untuk Jawaban Soal Latihan Belajar Distribusi Frekuensi Dapat dilihat di Part 2

Ingat !!! Postingan ini bukan untuk di Plagiat... Tapi hanya untuk belajar.

Contoh Surat Tembusan Pemberitahuan Kegiatan

Salam blogger. #Surat Tembusan 2017 Merupakan surat yang di berikan kepada pihak-pihak tertentu dalam bentuk salinan untuk arsip. berikut ini contoh surat tembusan pemberitahuan kegiatan fogging yang di peruntukan oleh ketua RW.

Nomor : 022/Kartar/II/2017
Lampiran :
Perihal : Surat Pemberitahuan Fogging

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i
..............................
Di tempat

Dengan Hormat,

       Dalam rangka mengantisipasi timbulnya penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk. Lingkungan RT 003 akan diadakan Fogging untuk memberantas nyamuk yang berbahaya. Rencananya Fogging tersebut akan di lakukan oleh Karang Taruna 012 dan Warga RT 003 Pada: 
                    Hari/Tanggal     : Minggu, 23 Febuari 2014
                    Tempat             : Lingkungan RT 003 Rw 012
                    Waktu               : 07.30 wib s/d Selesai
       Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Besar harapan kami kepada warga RT 003 atas kesediaanya bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kami ucapkan terimakasih.

Bekasi, 20 Febuari 2017 



 AEP SAAD 
Ketua RT 003 

Tembusan,
1. Ketua Rw

Tinjauan Pustaka Bill Of Material BOM

Tinjauan Pustaka Bill Of Material BOM

Struktur produk atau bill of material (BOM) didifinisikan sebagai cara komponen-komponen itu bergabung kedalam suatu produk selama proses manufakturing (Gaspersz, 2004). Bill of material yang dipakai untuk perencanaan produksi sering disebut sebagai planning bill of materials (planning BOM ) atau sering disingkat sebagai planning bill. Planning bill tebagi menjadi dua yang pertama planning bill dengan item yang dijadwalkan merupakan komponen atau subassemblies untuk pembuatan produk akhir, dimana item-item yang dijadwalkan itu secara fisik lebih kecil daripada produk akhir (end items). 
Modular bill of material dan interved bill of material termasuk kedalam kategori planning bill tersebut, sedangkan yang kedua yaitu Planning biil dengan item yang dijadwalkan memiliki produk akhir sebagai komponennya (super bill), dimana item-item yang dijadwalkan secara fisik lebih besar dari pada produk akhir. Seperti super bill of material, super family bill of material, dan super modular bill of material. Modular bill adalah bill of material yang dapat diatur diseputar modul produk dan merupakan komponen yang dapat diproduksi dan dirakit menjadi satu unit produk. Modular bill mengelompokkan subassemblies dan parts pada unit terhadap semua konfigurasi produk.

Struktur inverted lebih sedikit subassemblies dibandingkan dengan produk akhir, dan lebih sedikit komponen dan bahan baku dibandingkan subassemblies (berbentuk segitiga terbalik, dengan bagian atas adalah produk akhir bagian tengah adalah assemblies, dan bawah adalah komponen bahan baku (Gaspersz, 2004).

Menganalisis suatu sistem atau cara kerja berarti mencatat secara sistematis, meneliti seluruh kegiatan/operasi, serta menyajikan berbagai fakta dan spesifikasi kerja yang ada pada sistem kerja tersebut. Assembly Process Chart (APC) adalah suatu peta kerja yang menggambarkan langkah-langkah proses perakitan yang akan dialami oleh komponen (produk), berikut pemeriksaan (inspeksi) dari awal sampai produk jadi selesai dan juga memuat informasi- informasi yang diperlukan untuk analisa lebih lanjut, seperti waktu yang dihabiskan, komponen yang digunakan, dan alat- alat yan dipakai. Tujuan dari Assembly Process Chart terutama untuk menunjukkan keterkaitan antara komponen, yang dapat juga digambarkan oleh sebuah “ gambar terurai “ yang digunakan untuk mengajar pekerja yang tidak ahli untuk mengetahui urutan suatu rakitan yang rumit. informasi-informasi yang bisa dicatat melalui peta proses operasi dapat memperoleh banyak kegunaan dan manfaat dari APC, antara lain, Untuk menentukan kebutuhan operator, Untuk mengetahui kebutuhan tiap komponen, Alat untuk menentukan tata letak fasilitas, Alat untuk melakukan perbaikan cara kerja, Alat untuk latihan kerja prinsip-prinsip pembuatan peta proses operasi yang perlu diikuti antara lain pada baris yang paling atas dinyatakan sebagai kepalanya “(Peta Proses Operasi)” yang diikuti oleh identifikasi lain seperti: nama obyek, nomor peta (nomor gambar), diptakan oleh siapa, tanggal dipetakan, cara lama atau cara sekarang dan usulan. Material yang akan diproses diletakkan diatas garis horizontal, yang menunjukkan bahwa material tersebut masuk kedalam proses. Lambang-lambang ditempatkan dalam arah vertikal yang menunjukkan terjadinya perubahan proses. Penomoran terhadap suatu kegiatan operasi diberikan secara berurutan sesuai dengan urutan operasi yang dibutuhkan untuk pembuatan produk tersebut atau sesuai dengan proses yang terjadi. Penomoran terhadap suatu kegiatan pemeriksaan diberikan secara tersendiri dan prinsipnya sama dengan penomoran untuk kegiatan operasi. Agar diperoleh gambar peta proses operasi yang baik, produk biasanya paling banyak memerlukan operasi, harus dipetakan terlebih dahulu, berarti dipetakan dengan garis vertikal disebelah kanan halaman kertas.

Peta perakitan dilakukan untuk memahami komponen-komponen yang membentuk produk, bagaimana komponen-komponen ini bergabung bersama, komponen yang menjadi bagian suatu rakitan- bagian, aliran komponen ke dalam sebuah rakitan, gambaran menyeluruh dari proses rakitan, kebutuhan operator, tata letak fasilitas, perbaikan tata cara kerja.

Operation Process Chart (OPC) adalah suatu diagram yang menggambarkan langkah- langkah proses yang dialami oleh bahan baku yang meliputi urutan proses operasi dan pemeriksaan. Lambang-lambang dari OPC yang akan digunakan, yaitu seperti operasi ( ) adalah kegiatan dimana komponen mengalami perubahan karena dirakit dengan komponen lain, pemeriksaan ( ) adalah kegiatan memeriksa benda atau objek baik-baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Aktivitas Gabungan adalah kegiatan dimana antara assembling dan pemeriksaan dilakukan bersamaan atau dalam selang waktu yang relative singkat Penyimpanan adalah seandainya benda kerja disimpan dalam waktu yang lama dan jika mau diambil kembali biasanya harus berdasarkan rekomendasi atau izin terlebih dahulu.

Bill Of Material (BOM) adalah daftar dari bahan, material atau komponen yang dibutuhkan untuk dirakit, dicampur atau membuat produk akhir. Jenis-jenis BOM, antara lain Phantom Bill digunakan untuk meterial yang tidak disimpan, tidak dibuat planned order, Lead time, Lot size = Lot for lot. Modular Bill digunakan jika suatu produk akan dijual dengan sejumlah option yang berbeda, BOM Explosion akan menghitung kebutuhan kotor untuk masing-masin komponen. Pseudo Bill Disebut sebagai composite product diciptakan untuk memudahkan dan meningkatkan akurasi peramalan penjualan, mengurangi jumlah end item, dll. Psudeo bill adalah bill of material yang menggambarkan produk aktual yang dibuat untuk memudahkan peramalan penjualan. Struktur produk dibagi menjadi dua yaitu implosion dan explosion Lead time adalah waktu yang dibutuhkan antara bahan baku dipesan hingga sampai diperusahaan.

Lead time ini akan mempengaruhi besarnya bahan baku yang digunakan selama masa lead time, semakin lama lead time maka akan semakin besar bahan yang diperlukan selama masa lead time (Erlina, 2002). On Hand adalah posisi inventori awal yang secara fisik tersedia dalam stok, yang merupakan kuantitas dari item yang ada dalam stok. Lot size adalah kuantitas dari item yang biasanya dipesan dari pabrik atau pemasok. Safety stock adalah stok tambahan dari item yang direncanakan untuk berada dalam inventori yang dijadikan sebagai stok pengaman guna mengatasi frekuensi dalam ramalan penjualan.

Macam-macam Level dalam BOM. Level BOM dibagi menjadi dua yaitu Single Level BOM dan Multi Level BOM. Single Level BOM menggambarkan hubungan sebuah induk dengan satu level komponen-komponen pembentuknya. Multi Level BOM menggambarkan strktur produk yang lengkap dari level 0 (produk akhir) sampai level yang paling bawah. Komponen yang sama dapat digunakan pada level yang berbeda.


*Mohon maaf apabila Ikon atau simbol tidak muncul.

Latihan Soal Probabilitas Part 5

Berikut ini Soal-soal buat latihan. Khususnya untuk Teori Probabilitas.
Soal ini adalah kelanjutan dari soal Probabilitas part 4

17. Jelaskan pengertian ukuran dispersi?
Jawab:
Ukuran dispersi adalah ukuran yang menyatakan seberapa jauh penyimpangan nilai-nilai data dari nilai-nilai pusatnya atau ukuran yang menyatakan seberapa banyak nilai-nilai data yang berbeda dengan nilai pusatnya.

18.  Apa yang dimaksud dengan rata-rata harmonik?
Jawab:
Rata-rata harmonik (harmonic mean) Cara lain yang dipakai untuk menentukan ukuran pemusatan data adalah dengan rata-rata harmonik, khususnya bila suatu kelompok data mempunyai ciri-ciri tertentu yang merupakan bilangan pecahan atau bilangan dalam harmonik. Rata-rata harmonik ialah proses mencari nilai rata-rata dengan cara menjumlahkan data dibagi dengan jumlah satu persetiap data (Diktat Kuliah, 2007). Rata-rata harmonik data tunggal ialah proses perhitungan untuk mencari rata-rata dengan cara banyaknya data dibagi dengan 1 per nilai tiap data atau harga tiap data.

19. Apa yang anda ketahui mengenai desil? (tuliskan rumusnya beserta penjelesannya).
Jawab: 
Desil adalah nilai atau angka yang membagi data dalam 10 bagian yang sama, setelah disusun dari data yang terkecil sampai data yang terbesar atau sebaliknya (Diktat Kuliah, 2007). Untuk menentukan desil, ada beberapa data yang diperlukan, yaitu tepi kelas, frekuensi kumulatif, frekuensi masing-masing kelas, interval kelas.
Rumus umum untuk desil adalah sebagai berikut:

Bm = Tepi batas kelas bawah pada kelas desil.
i = Interval Kelas.
fkd = Frekuensi kumulatif sebelum kelas desil.
fd = Frekuensi pada kelas desil.
n = Ukuran sampel.

20. Apa yang dimaksud dengan rata-rata ukur atau rata-rata geometrik?
Jawab:
Rata-rata ukur atau rata-rata geometrik adalah nilai yang diperlukan untuk mengikuti rata-rata persentase tingkat perubahan sepanjang waktu ( Supranto, 1992)

Latihan Soal Probabilitas Part 4

Berikut ini Soal-soal buat latihan. Khususnya untuk Teori Probabilitas.
Soal ini adalah kelanjutan dari soal Probabilitas part 3

13. Apa yang dimaksud ukuran variasi?
Jawab:
Menurut Syofian Ukuran variasi adalah ukuran dari serangkaian atau sekelompok data yang menunjukkan seberapa jauh nilai-nilai dari sekelompok data tersebut menyimpang dari nilai rata-ratanya. Bila dalam sekelompok data penyebarannya kecil, maka data bersifat homogen dan begitu juga sebaliknya bila penyebarannya besar, maka data bersifat heterogen.


14. Jelaskan yang kamu ketahui tentang modus dan bimodus!
Jawab: 
Modus adalah nilai yang terjadi paling sering atau yang mempunyai frekuensi paling tinggi. sedangkan Bimodus  adalah terjadi bila dalam suatu kasus terdapat dua nilai modus dengan frekuensi paling tinggi.

15. Jelaskan pengertian dari deviasi rata-rata dan standar deviasi menurut Syofian! Serta tuliskan rumusnya!

Jawab:
a. Deviasi rata-rata (SR)
adalah nilai rata-rata dari harga mutlak semua simpangan terhadap rata-rata (mean) kelompoknya. Rumus data tunggal dan data kelompok adalah sebagai berikut:


b. Standar deviasi adalah nilai yang menunjukkan tingkat variasi kelompok data atau ukuran standar penyimpangan dari nilai rata-ratanya.
Rumus untuk sampel dan rumus populasi


16. Apa yang dimaksud dengan rata-rata hitung?
Jawab:
Rata-rata hitung adalah rata-rata nilai data yang paling sering dijadikan ukuran pusat data kuantitatif (Sulistiyono., dkk, 2006). Perhitungan rata-rata hitung dari data mentah adalah cara yang paling sederhana dan mudah, sekaligus menghasilkan rata-rata hitung yang sesungguhnya.


Soal Selanjutnya bisa anda cari di post selanjutnya di Soal Probabilitas part 5

Latihan Soal Probabilitas Part 3

Berikut ini Soal-soal buat latihan. Khususnya untuk Teori Probabilitas.
Soal ini adalah kelanjutan dari soal Probabilitas part 2

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ukuran lokasi pusat!
Jawab:
Ukuran lokasi pusat atau ukuran pemusatan merupakan sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya dari terbesar sampai terkecil.

10. Sebutkan dan jelaskan alasan mempelajari dispersi?
Jawab:
Alasannya antara lain:
a. Karena nilai seperti mean atau median tidak dapat memberikan informasi tentang sebaran nilai pada data tersebut.
Contohnya untuk menyeberangi danau, tidak mungkin begitu saja jika diketahui hanya kedalaman rata-ratanya
b. Untuk membandingkan sebaran data dari dua informasi distribusi nilai. Misalnya untuk membandingkan tingkat produktivitas dua perusahaan. Meskipun diketahui bahwa produksi rata-rata dari dua perusahaan mobil adalah 20 unit perhari, namun tidak dapat langsung disimpulkan bahwa tingkat produksi mereka identik. Untuk mengetahui lebih pasti, maka perlu melihat bagaimana sebaran nilai (jumlah produksi harian) dari kedua perusahaan tersebut. Supranto

11. Apa yang anda ketahui tentang persentil? dan tuliskan rumus serta penjelasannya!
Jawab:
Persentil adalah nilai atau angka yang membagi data dalam 100 bagian yang sama, setelah disusun dari data yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya (Diktat Kuliah, 2007). Untuk menentukan persentil, data yang diperlukan ialah tepi batas kelas, frekuensi kumulatif, frekuensi masing-masing kelas, interval kelas. Rumus umum untuk persentil adalah sebagai berikut:
Rumus Persentil
Rumus Persentil

12. Apa yang dimaksud dengan median? Jelaskan dan apa kelebihannya?
Jawab:
Median segugus data yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar atau terbesar sampai terkecil adalah pengamatan yang tepat ditengah-tengah bila banyaknya pengamatan itu ganjil, atau rata-rata kedua pengamatan yang di tengah bila banyaknya pengamatan genap. “Kelebihan median adalah kemudahan menghitungnya bila banyaknya pengamatan relative kecil. Median tidak dipengaruhi oleh nilai ekstrem, sehingga memberikan rata-rata yang lebih benar.”


Soal Selanjutnya bisa anda cari di post selanjutnya di Soal Probabilitas part 4

Latihan Soal Probabilitas Part 2

Berikut ini Soal-soal buat latihan. Khususnya untuk Teori Probabilitas.
Soal ini adalah kelanjutan dari soal Probabilitas part 1


5. Jelaskan pengertian ukuran Pemusatan menurut Walpole?
Jawab:
Ukuran pemusatan adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya dari yang terkecil sampai yang terbesar disebut ukuran lokasi pusat atau ukuran pemusatan (walpole, 1992)

6. Sebutkan jenis-jenis ukuran dispersi data dalam ukuran penyebaran, jelaskan?
Jawab:
Jangkauan (range), simpangan rata-rata (mean deviation), variansi (variance), standar deviasi (standard deviation), simpangan kuartil (quartile deviation), dan koefisien variasi (coeficient of variation).
a. Jangkauan (rentang) adalah bentuk paling sederhana dari ukuran variasi. Range atau rentang (r) suatu kelompok data adalah selisih antara nilai maksimum dengan nilai minimum.
b. Simpangan rata-rata merupakan penyimpangan nilai-nilai individu dari nilai rata-ratanya. Rata-rata bisa berupa mean atau median.
c. Varians adalah rata-rata kuadrat selisih atau kuadrat simpangan dari semua nilai data terhadap rata-rata hitung. Variansi untuk sampel dilambangkan dengan S2.
d. Simpangan baku adalah akar dari tengah kuadrat simpangan dari nilai tengah atau akar simpangan rata-rata kuadrat. Simpangan baku adalah ukuran simpangan yang paling banyak digunakan dalam statistika karena standar deviasi melibatkan semua nilai data serta merupakan bentuk linear dan selalu positif.
e. Simpangan kuartil dihitung dengan cara menghapus nilai-nilai yang terletak di bawah kuartil pertama dan nilai-nilai di atas kuartil ketiga, sehingga nilai-nilai ekstrem, baik yang berada di bawah ataupun di atas distribusi data, dihilangkan.
f. Koefisien Variasi (KV) adalah Jika dispersi absolut diganti dengan simpangan bakunya, maka dispersi relatifnya disebut koefisien variasi (KV).

7. Jelaskan pengertian mean dan modus serta tuliskan rumus dari masing-masing?
Jawab:
Mean adalah jumlah seluruh data dibagi dengan banyaknya data. Modus adalah Nilai yang (paling) sering muncul.
Rumus mean:
Rumus Mean
Rumus Mean


Sedangkan Rumus Modus:
Keterangan:
Bm = tepi batas kelas bawah pada kelas median
i = interval
d1 = frekuensi kelas mode dikurangi frekuensi kelas sebelum kelas mode.
d2 = frekuensi kelas mode dikurangi frekuensi kelas sesudah kelas mode.

8. Sebutkan sifat-sifat dari Modus menurut Iqbal Hasan?
Jawab:
Beberapa sifat modus ,antara lain:
a. Dalam seperangkat data, modus bias tidak ada dan bias lebih dari satu.
b. Modus dapat ditempatkan pada distribusi yang memiliki kelas terbuka,
c. Modus tidak dipengaruhi oleh bilangan-bilangan yang extrem, dari suatu distribusi.
d. Letak modus atau nilai modus yang sebenarnya sukar ditentukan, karena itu kebanyakan hanya berdasarkan taksiran dalam suatu distribusi.
e. Perhitungan modus tidak didasarkan pada seluruh nilai pengamatan, tetapi didasarkan pada individu yang berada pada titik tempat terjadinya pemusatan yang terbanyak.
f. Untuk perhitungan-perhitungan aljabar yang lebih lanjut, modus tidak dapat digunakan.
g. Modus tidak sepopuler ukuran rata-rata hitung atau median.


Soal Selanjutnya bisa anda cari di post selanjutnya di Soal Probabilitas part 3

Latihan Soal Probabilitas Part 1

Berikut ini Soal-soal buat latihan. Khususnya untuk Teori Probabilitas.

1. Jelaskan pengertian ukuran penyebaran menurut Husni Muttaqin?
Jawab:
Ukuran penyebaran atau dispersi atau ukuran simpangan adalah ukuran yang menggambarkan bagaimana berpencarnya suatu data kuantitatif. Ukuran ini sering disebut dengan ukuran variasi. (sumber : Husni Muttaqin dan Suryadi, 1997, “ Statistika Industri 1”).

2. Jelaskan pengertian dari median serta tuliskan rumus dari median yang telah dikelompokkan?
Jawab:
Median adalah Nilai yang letaknya berada di tengah data dimana data tersebut sudah diurutkan dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya
 
Bm = tepi batas kelas bawah pada kelas median
i = interval
n = ukuran sample
fkm = frekuensi kumulatif sebelum kelas median
fm = frekuensi pada kelas median (frekuensi kumulatif kelas median dikurangi frekuensi kumulatif sebelum kelas median.

3. Sebutkan sifat-sifat dari rata-rata hitung menurut Iqbal Hasan?
Jawab:
Beberapa sifat rata-rata hitung antara lain:
a. nilai rata-rata hitung dipengaruhi oleh observasi atau pengamatan.
b. nilai rata-rata hitung dapat menyimpang terlalu jauh.
c. rata-rata hitung tidak dapat dihitung dari distribusi yang memiliki kelas terbuka.
d. rata-rata paling sering digunakan dan popular, sehingga penjelasan mengenai arti rata-rata hitung tidak diperlukan.
e. jumlah dari penyimpangan semua nilai pengamatan dengan nilai rata-rata hitung sama dengan nol.
f. jika selisih semua nilai pengamatan dengan nilai rata-rata hitung dikuadratkan maka jumlahnya lebih kecil daripada jumlah penyimpangan kuadrat semua nilai pengamatan dari titik lain selain rata-rata hitung.
g. rata-rata hitung dapat dimanipulasi secara aljabar.

4. Jelaskan pengertian kuartil dan tuliskan rumus titik lokasi dan rumus kuartil dari Q1 dan Q3?
Jawab:
Kuartil adalah nilai yang membagi sederetan data terurut menjadi 4 bagian yang sama.
Rumus titik lokasi Q1 dan Q3:

Q1 = n/4
Q3 = 3n/4
Rumus kuartil Q1 dan Q3:
Keterangan:
Bq = Tepi batas kelas bawah pada kelas kuartil
I = interval kelas
N = ukuran sample
Fkq = frekuensi kumulatif sebelum kelas kuartil
Fq = frekuensi pada kelas kuartil
Q1 = kuartil petama
Q3 = kuartil ketiga


Soal Selanjutnya bisa anda cari di post selanjutnya di Soal Probabilitas part 2

Tahukah kamu Tentang Blog ini ?


Salam blogger. Tahu kah anda Tentang blog ini ? ada pepatah yang mengatakan, Tak kenal maka tak sayang. untuk itu saya ingin memberikan sesuatu informasi mengenai blog ini. jadi silahkan simak ya.


1. Blog ini Tidak Konsisten Pada Niche "Tema".
Menurut saya Blog ini hanya sebagai media sarana berbagi inspirasi dan informasi serta sebagai tempat mencari teman di dunia maya, Jikalau ada informasi yang saya berikan diluar kesenangan anda, saya minta maaf. karena blog ini hanya sebagai Social Networking Personality. Jadi maklum kalau tema blog ini tidak beraturan.

2. Blog ini Tidak Terlalu Profesional
Dari waktu ke waktu, blog ini apakah terasa berat Loadingnya..? Maklum pemilik blog suka memasang widget yang dapat mengakibatkan Loading lambat. akan tetapi pemilik blog akan berusaha untuk meminimalkan dampak negatif dari widget yang terpasang dalam blog ini, Kecuali untuk pengguna Mobile, Blog ini Free widget. Jika ada Pop up dalam blog ini silahkan laporkan ke kontak saya.

3. Blog ini Terbuka Untuk Umum.
Tidak ada pemaksaan untuk mengunjungi blog ini. Karena pengunjung blog ini selain dari google search, juga berasal dari blogwalking antar blogger serta ada juga yang berasal dari backlink jejaring sosial.  Jadi pengunjung bisa masuk tanpa batasan usia. untuk itu silahkan berkunjung ke blog ini lain waktu.

4. Follower Blog = Best Friend
Follower blog ini bukan dianggap sebagai pengikut atau penggemar, melainkan sebagai teman admin dalam dunia maya. Karena blog ini seperti halnya sosial media facebook, Twitter dan Google Plus. Bukan seperti situs ternama yang mempunyai penggemar di mana-mana bagaikan selebriti. selain itu gunanya widget Follower yaitu untuk mengetahui kawan blogger yang update setiap saat. Jangan lupa yang belum follow blog ini. silahkan saling follow.

5. Asal Muasal Member Fanpage
Taukah anda bahwa member pada fanpage blog ini di peroleh selain dari media promosi 80%, yang 20% nya lagi berasal dari submit link fanpage. bagi yang mau nitip link silahkan letakan link fanpagenya disini gratis. *(Baca Aturan Submit).

6. Komentar Blog = Respon Pengunjung
Setiap komentar yang ada di dalam blog ini, berarti turut ambil andil dalam membangun blog ini. Komentar kritik dan saran di anggap sebagai masukan untuk Penulis atau sebagai respon dari hasil postingan yang telah dibuat oleh penulis, walaupun Blog ini Tidak melarang komentar OOT atau out of topic. Tapi kalau bisa komentar harus sesuai dengan Topik yang tertulis. supaya postingan dianggap berguna bagi pengunjung yang lainnya. Jadi silahkan saling komentar untuk mendapatkan backlink dari blog ini.

7. BlogRoll atau Tukar Link di Sidebar = Iklan Text Gratis
Menurut saya bertukar link sesama blogger, yang biasa diletakan pada sidebar itu sama seperti Iklan Text gratis. Karena selain link blognya di tampilkan dalam blog orang lain. Tukar link pun berguna untuk mendapatkan backlink secara gratis dari pengunjung yang meng klik link blog kita.

8. Iklan Tidak Terkontrol
Mohon maaf jika ada iklan yang tampil di blog ini menayangkan hal yang tidak layak untuk di tampilkan, karena iklan blog ini tidak bisa diatur oleh pemilik blog. dan berharap pengunjung bisa memakluminya.

9. Terpasang Script Protection
Blog ini sudah terdaftar kedalam situs Proteksi posting, yang gunanya untuk menghindari serta mendeteksi seseorang yang mengambil atau mengcopy artikel tanpa seizin dari penulis. Apabila ditemukan blog yang mengcopy tanpa seizin pemilik blog dan tidak memberikan link sumber nya, akan saya laporkan sesuai dengan Disclaimer Blog ini. untuk saat ini terdapat 6 blog yang saya pantau dan terdapat postingan 100% hasilnya copas.

10. Low Response
Mohon maaf jika anda komplain tapi tidak terjawab, mengenai kendala pada blog ataupun dari isi postingan yang ada di blog ini. karena penulis sendiri tidak selalu aktif di PC melainkan di Mobile Phone. Silahkan blogwalking di blog ini, nanti saya akan meresponnya kembali.

Sekarang sudah tahu kan tentang blog ini. Kalau ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ini. Jika ingin berbagi informasi tentang blog anda Silahkan share disini. Terimakasih.

Sunday, January 19, 2014

Belajar buat struktur organisasi perusahaan

1. Buat Struktur Organisasi yang anda anggap mampu merepresentasikan kegiatan perancangan produk yang sedang anda buat untuk tugas akhir kuliah :
Jawab:
Struktur organisasi yang diterapkan yaitu struktur Organisasi Fungsional. Struktur organisasi tersebut berguna untuk menentukan suatu susunan organisasi yang didalamnya terdapat hubungan antar pekerja. Struktur organisasi inimemiliki hubungan dalam penyelesaian pembuatan produk. Berikut struktur organisasi yang diaplikasikan dalam tugas besar ini

Tugas dan tanggung jawab:
1. Manager
manager merupakan orang yang memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan wewenag kepada para pekerja pada perusahaan, tugas manager yaitu selalu memonitoring dan mengawasi suatu pekerjaan kepada semua pekerja. Manager disini membuat rencana terstruktur untuk mengembangkan perusahaan.
2. Kepala produksi
Menangani dan tanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi di dalam bagian produksi, selain itu Mengkoordinasi kegiatan produksi agar dapat memenuhi pesanan dan tujuan dari perusahaan. Membuat perencanaan yang baik dan melaksanakan pengendalian terhdap operasi produksi secara keseluruhan.
3. Maintenance
Maintenance bertanggung jawab terhadap pemeriksaan dan pemeliharaan dan perbaikan peralatan mesin-mesin produksi guna kelancaran proses produksi.
4. Keuangan
Bagian keuangan yaitu mengelola dan mengatur setiap pengeluaran dan pemasukan perusahaan.
5. Desain
Tugas tanggung jawab bagian desain yaitu membuat pola sesuai dengan hasil dari keinginan pelanggan yang diturunkan menjadi suatu konsep berbentuk matrik seperti ukuran, sehingga produk yang akan dipasarkan sesuai dengan keinginan pelanggan.
6. Quality control
Tugas bagian quality control yaitu mengontrol semua produk yang dihasilkan. Selain itu tugas qualiti control Me-reject produk yang tidak layak diproduksi.

Tugas Sistem Produksi Lanjut

1) Apa yang anda ketahui tentang sistem produksi lanjut ?
Jawab:
Sistem produksi lanjut merupakan suatu pengetahuan menyeluruh tentang suatu sistem produksi beserta kaitan antara elemen-elemen yang terlibat didalamnya.yang dimulai dari input sampai output, input dalam hal ini meliputi bahan baku yang nantinya akan mengalami proses produksi sehingga akan menghasilkan suatu output berupa produk jadi.
 2) Sebutkan dan jelaskan 3 hal terpenting di bagian proses produksi ?
Jawab:
Di dalam suatu proses produksi ada hal-hal yang harus diperhatikan, diantaranya: komposisi input, proses produksi , hasil output Dalam proses produksi, faktor produksi memiliki hubungan yang sangat erat dengan produk yang dihasilkan. Produk sebagai output (keluaran) dari proses produksi sangat bergantung pada faktor produksi sebagai input (masukan). Semakin besar jumlah faktor produksi (input) yang masuk dalam proses produksi, semakin besar pula jumlah produk (output) yang dihasilkan. Manajemen produksi dan operasi merupakan usaha-usaha pengelolaan secara optimal penggunaan sumber daya (sering disebut dengan faktor produksi) seperti tenaga kerja, mesin, bahan mentah, dan sebagainya sebagai input yang sering diringkas dalamistilah 5 M (Material, Man, Machine, Money, Method) dalam proses transformasi menjadi berbagai produk berupa barang ataupun jasa. Para manajer produksi dan operasi mengarahkan berbagai masukan (input ) melalui proses transformasi menjadi keluaran (output ) dalam jumlah,kualitas, harga, waktu dan tempat tertentu sesuai dengan permintaan konsumen.

 3) Sebutkan tools-tools yang digunakan untuk permintaan konsumen
Jawab:
Permintaan adalah jumlah barang yang akan dibeli oleh konsumen pada keadaan, waktu dan harga tertentu. Hukum Permintaan, adalah apabila harga barang naik, maka jumlah permintaan akan turun, dan sebaliknya. Berikut ini metode permintaan konsumen
a) Quality Function Deployment (QFD) :
pada tahap ini, proses yang terjadi adalah menerjemahkan keinginan dan kebutuhan konsumen ke dalam respon teknis, sehingga keinginan konsumen tersebut dapat diintegrasikan dalam proses perancangan produk selanjutnya. Tujuan dari penggunan metode ini adalah dihasilkannya produk yang mengandung persyaratan teknis dan karakteristik kualitas sebagaimana diharapkan oleh konsumen.
b) Pugh concept selection process :
merupakan suatu metode iteratif (berulang) yang menguji kelengkapan dan pemahaman akan kebutuhan-kebutuhan dalam perancangan produk — dengan informasi yang didapat dari suatu sistem pakar (expert system) — sehingga dapat dengan cepat diidentifikasi konsep perancangan yang paling kuat (superior).
c) Dynamic Signal-to-Noise Optimization :
merupakan teknik untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi rekayasa, sehingga menghasilkan teknologi yang robust, dan tunable.
d) Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ) :
suatu koleksi tool yang didapat dari analisa literatur yang berguna untuk membangitkan pemecahan masalah teknis yang inovatif.
e) Design of Experiment (DOE) :
menggunakan eksperimen parsial penuh dan eksperimen faktorial parsial untuk mengetahui efek dari beberapa parameter yang berjalan bersama-sama.
f) Competitive Technology Assesment :
dengan melakukan benchmarking terhadap sifat robustness dari teknologi pengembangan internal dan eksternal.

QFD merupakan alat perencanaan yang digunakan untuk memenuhi harapan-harapan konsumen. Pendekatan disiplin QFD terletak pada desain produk, rekayasa, produktivitas serta memberikan evaluasi yang mendalam terhadap suatu produk. Suatu organisasi yang mengimplementasikan QFD secara tepat dapat meningkatkan pengetahuan rekayasa, produktivitas dan kualitas, mengurangi biaya, mengurangi waktu pengembangan produk serta perubahan-perubahan rekayasa seiring dengan kemajuan jaman dan permintaan konsumen.

 4) Sebutkan keterkaitan dari 3 devisi yang terpenting dari perusahaan ?
Jawab:
a. Bagian keuangan atau finansial menganalisis pengaruh turunnya profit dan cash flow. Karena menurun profit bias menghalangi tujuan perusahaan, maka kegiatan seperti itu juga tercantum dalam program manajemen risiko. Ketiga, dalam menetapkan apakah perusahaan akan membeli peralatan yang mahal atau gedung baru, maka manajer finansial seharusnya mempertimbangkan risiko murni yang tercipta karena tindakan itu.
b. Bagian produksi juga banyak menciptakan risiko. Dalam mendesain atau membuat produk atau memberikan service, pekerja sering kali di-ekspose pada kecelakaan kerja. Demikian pula produk atau service yang dijualnya mungkin juga bisa menciptakan kerusakan atau kecelakaan badan bagi pemakainya; oleh karena itu perusahaan harus selalu siap sedia menghadapi “tuntutan hukum” dari pihak ketiga.
c. Bagian personalia mempunyai banyak tanggung jawab dibidang risiko. Contoh yang paling jelas adalah perancangan, instalasi, dan administrasi program-program kesejahteraan pegawai. Bagian personalia biasanya bertugas mengadakan perundingan dengan serikat kerja, menetapkan hak dan kewajiban serta kesejahteraan. Sedangkan Manajemen Risiko menseleksi asuransi dan merundingkan penutupan asuransi atau memanajeri aspek finansial daripada program (penenggungan risiko).

5) Sebutkan perbedaan manufaktur dan jasa ?
Jawab:
Manufaktur adalah proses pengolahan bahan baku menjadi suatu produk jadi yang layak dipasarkan, Sedangkan Jasa adalah sesuatu yang diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan. Jadi hasil dari jasa akan dapat dilihat setelah jasa tersebut diselesaikan contoh Bank, Jasa Angkutan, Rumah Sakit

perbedaan manufaktur dan jasa
perbedaan manufaktur dan jasa

free counters
Memuat...